PKS Lampaui Golkar???????

Gencarnya kampanye yang dilakukan PKS sepertinya mulai membuahkan hasil. Hasil survei yang digelar Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan St...

Gencarnya kampanye yang dilakukan PKS sepertinya mulai membuahkan hasil. Hasil survei yang digelar Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) mengisyaratkan itu. PKS bahkan disebut-sebut akan melampaui perolehan suara Golkar di Pemilu 2009.


Perolehan suara PKS, dalam survei itu, akan mencapai 14,21 persen. Sedangkan Golkar hanya mampu meraih dukungan sekitar 11,96 persen. Dengan demikian, di Pemilu 2009, PKS bisa mensejajarkan diri dengan dua partai besar lainnya, yaitu PDIP (24,30 persen) dan Partai Demokrat (19,44 persen).

Prediksi itu dikemukakan Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid dalam diskusi Evaluasi Akhir Tahun Puskaptis di Jakarta, Selasa (30/12) malam. Menurut Husin, hasil survei yang digelar pada 24 November - 3 Desember 2008 dengan 1.355 responden di 33 provinsi itu, PAN meraih 3,18 persen dukungan, PKB (1,68 persen), PPP (0,56 persen), PBB (0,37 persen), dan PDS (0,19 persen). Sedangkan yang menjawab rahasia 21,87 persen dan golput 0,37 persen.

Menurut Husin, PDIP menduduki urutan pertama, antara lain karena faktor isu sembako murah yang menjadi iklan politik partai tersebut, sehingga mendongkrak popularitas partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu.

Sementara Demokrat sebagai pendukung utama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menduduki urutan kedua karena faktor pencitraan partai itu yang disokong kebijakan populis pemerintah Yudhoyono, seperti penurunan harga BBM, bantuan tunai langsung (BLT) kepada penduduk miskin dan penegakan hukum.

“Perolehan suara Golkar merosot, karena responden belum merasakan program nyata dari partai pemenang Pemilu 2004 ini,” kata Husin.

Husin juga mengungkapkan, berdasar survei tersebut, 22,64 persen responden mengharapkan perubahan di bidang ekonomi, seperti kebutuhan pokok yang murah.

Sebanyak 21,52 persen responden berharap ketersediaan lapangan pekerjaan. Mereka yang menghendaki perubahan di bidang kesejahteraan 21,52 persen, pendidikan 14,38, dan kesehatan 14,37 persen. Sedangkan perbaikan di bidang pertanian, social, dan hukum masing-masing didukung 2,5 persen, 1,94 persen dan 1,46 persen responden.

Meskipun begitu, pengamat politik dari LIPI Syamsudin Haris menilai survei tersebut tidak mencerminkan realitas mutakhir, karena dilaksanakan hanya pada rentang waktu 24 November - 3 Desember 2008.

Syamsudin menyatakan, persepsi publik atas pilihan pada Golkar dan Jusuf Kalla terkesan menurun, karena pada saat survei diadakan masyarakat belum mempersepsikan kebijakan dan program Golkar yang dapat menyentuh langsung masyarakat luas, melalui iklan maupun isu politiknya. [P1]

http://pemilu.inilah.com/berita/2008/12/31/72320/pks-lampaui-perolehan-suara-golkar/

COMMENTS

Nama

Artikel,1,Berita Cabang,2,Berita Daerah,6,Berita Media,7,Berita Pusat,10,Berita Wilayah,5,Figur,6,
ltr
item
PKS KARANGDOWO: PKS Lampaui Golkar???????
PKS Lampaui Golkar???????
PKS KARANGDOWO
https://pks-karangdowo.blogspot.com/2009/01/pks-lampaui-golkar.html
https://pks-karangdowo.blogspot.com/
https://pks-karangdowo.blogspot.com/
https://pks-karangdowo.blogspot.com/2009/01/pks-lampaui-golkar.html
true
1719424820964841868
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy