PKS Turun Ke Jalan,Blunder?

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tampaknya jadi satu-satunya peserta Pemilu 2009 yang turun ke jalan memprotes agresi Israel ke Palestina. Ri...

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tampaknya jadi satu-satunya peserta Pemilu 2009 yang turun ke jalan memprotes agresi Israel ke Palestina. Ribuan pendukung PKS menyerbu Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), Rabu (31/12). Citra apa yang ingin dibangun PKS dengan aksi protes ini?


Apakah aksi ini akan berdampak positif bagi citra PKS di tengah upaya partai pimpinan Tifatul Sembiring tersebut bergeser menjadi partai tengah alias partai inklusif? Atau sebaliknya apakah PKS ingin kembali mencitrakan diri dalam bentuk lain?


Secara pencitraan politik, upaya PKS dengan melakukan show of force itu merupakan langkah cerdik PKS untuk menarik simpati para pemilih yang memiliki kepedulian pada isu Palestina dan HAM secara umum.


Hal ini tampaknya tak terpikirkan oleh partai politik lainnya, khususnya partai politik berasas Islam atau berbasis Islam. Bila pun ada, mereka hanya sebatas melontarkan pernyataan sikap, yang tidak memiliki dampak politik apa pun, kecuali hanya publisitas semata.


Namun pakar komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI) Dedi Nur Hidayat menilai, aksi demo PKS akan berdampak dua kemungkinan bagi pencitraan politik PKS. Dampak pertama, aksi ini bisa jadi langkah blunder partai yang kini tengah bersusah payah bergeser menjadi partai tengah tersebut.


“Bisa saja langkah PKS dengan demontrasi isu Palestina akan mengurangi usaha yang ditempuh selama ini sebagai partai inklusif,” papar Dedi kepada INILAH.COM, Rabu (31/12) di Jakarta.


Memang, selama ini isu Palestina lebih banyak disuarakan oleh kelompok Islam garis keras. Ada tokoh seperti Ahmad Sumargono melalui bendera Komite Indonesia untuk Dunia Islam (KISDI). Ada pula Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina (KISPA). Selain itu, organisasi kepemudaan seperti Gerakan Pemuda Islam (GPI) serta Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) juga cukup getol dalam isu-isu Palestina dan dunia Islam.


Namun khusus untuk agresi Palestina pada 28 Desember lalu, beberapa tokoh nasionalis juga mengutuk keras serangan di kota Tiga Tuhan tersebut. Tak terkecuali pernyataan keras dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin, mantan Ketua PBNU KH Abdurrahman Wahid, serta tokoh-tokoh lainnya yang memiliki pemahaman kesilaman moderat.


Dengan kondisi ini, Dedi menilai, demo PKS akan berdampak positif bagi pencitraan politik PKS menjelang Pemilu 2009. Dengan banyaknya tokoh pluralis yang mengutuk serangan Israel ke Palestina, jelas akan memberikan citra positif bagi PKS.


“PKS tidak tampil sendirian, kondisi ini akan lebih menguntungkan PKS. Beda jika yang berkomentar kelompok muslim lainnya,” tegas Dedi.


Menurut dia, PKS akan jauh lebih untung jika mengangkat isu Palestina dengan tonjolan sikap negara superpower terhadap negara ketiga. “Ini berbeda jika tonjolan isunya pada sisi isu agama,” ujar Dedi.


Apa pun potensi pencitraan yang akan diraih oleh PKS atas protesnya terhadap agresi militer Israel ke Palestina, PKS telah maju selangkah dari partai politik lainnya. Di saat partai politik lainnya berkutat pada isu koalisi dan stress atas penerapan suara terbanyak, PKS tampil dengan elegan dan flamboyan di depan kedutaan Amerika Serikat.


Secara politik, PKS telah mampu membusungkan dadanya ke negara superior tersebut. Mana partai politik lainnya? [P1]

COMMENTS

Nama

Berita Cabang,1,Berita Daerah,6,Berita Media,6,Berita Pusat,8,Berita Wilayah,5,Figur,5,
ltr
item
PKS KARANGDOWO: PKS Turun Ke Jalan,Blunder?
PKS Turun Ke Jalan,Blunder?
PKS KARANGDOWO
http://pks-karangdowo.blogspot.com/2009/01/pks-turun-ke-jalanblunder.html
http://pks-karangdowo.blogspot.com/
http://pks-karangdowo.blogspot.com/
http://pks-karangdowo.blogspot.com/2009/01/pks-turun-ke-jalanblunder.html
true
1719424820964841868
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy