PKS dan Golkar, Partai Kader Yang Solid

Pemilu 2009 tinggal hitungan hari. Partai politik dan para calegnya semakin bersiap mengerahkan sumberdaya untuk memenangkan pertarungan. Di...

Pemilu 2009 tinggal hitungan hari. Partai politik dan para calegnya semakin bersiap mengerahkan sumberdaya untuk memenangkan pertarungan. Di tengah hiruk pikuk menyongsong pemilu 2009 kita dihadapkan pada ketidakpastian arah demokrasi Indonesia. Demokrasi yang berpotensi menghasilkan produk legislator yang tidak berkualitas dan hanya mengandalkan citra.


Agaknya menjadi persoalan tersendiri bagi bangsa ini, untuk mampu menciptakan sistem bernegara yang mampu membawa bangsa ini menjadi bangsa yang terhormat. Karena sepertinya kita berputar-putar dalam kubangan persoalan yang tiada hentinya. Memang butuh pengorbanan dan kerja keras, untuk membangun demokrasi di tengah masyarakat yang

pragmatis.


Jika dirunut, akar persoalan ini akan berujung pada kapabilitas kepemimpinan. Jika saat ini rakyat menjadi sangat pragmatis, itu wajar karena mereka juga merasakan secara langsung wakil yang mereka pilih sangat pragmatis ketika sudah duduk di Senayan.


Jika demikian adanya, tak pelak, keberadaan partai politik menjadi cukup strategis. Karena partai politik menjadi pilar demokrasi dengan melakukan proses penyaringan pemimpin atau wakil-wakil yang kredibel dan berkualitas. Masalahnya adalah, proses rekrutmen dan kaderisasi di tubuh partai politik belum optimal, seperti misalnya masih menempatkan caleg yang hanya mengandalkan popularitas, tanpa memiliki agenda perbaikan bangsa yang jelas, atau masih menempatkan koruptor dan komprador asing sebagai calon-calon legislatornya.


Dilematis memang. Karenanya tesis tentang partai kader menjadi menarik untuk dikedepankan. Ada contoh menarik terkait partai kader ini. Seperti PKS misalnya, dengan konsep kaderisasi internal di partainya mereka mampu melakukan aktifitas berpartai yang produktif dan elektabilitasnya terus naik secara signifikan. Juga Golkar dengan basis kadernya mampu bertahan pada pemilu 99 di tengah gempuran dari segala arah.


Berbeda dengan partai massa yang hanya mengandalkan citra dan popularitas temporer, Seperti Demokrat, PAN dan partai lainnya. Sebagai awam, kita dapat menilai, partai-partai massa ini memiliki kontrol internal yang sangat lemah. Bahkan dalam proses penyaringan caleg seperti saat ini, caleg-caleg dimunculkan tidak memiliki track record perjuangan yang jelas, atau bahkan bisa jadi si caleg mendaftar menjadi anggota partai saat akan pemilu saja. Sangat pragmatis.


Samsir Afiat samsir.afiat@gmail.com

sumber;inilah.com./8/3/09

COMMENTS

Nama

Berita Cabang,1,Berita Daerah,6,Berita Media,6,Berita Pusat,8,Berita Wilayah,5,Figur,5,
ltr
item
PKS KARANGDOWO: PKS dan Golkar, Partai Kader Yang Solid
PKS dan Golkar, Partai Kader Yang Solid
PKS KARANGDOWO
http://pks-karangdowo.blogspot.com/2009/03/pks-dan-golkar-partai-kader-yang-solid.html
http://pks-karangdowo.blogspot.com/
http://pks-karangdowo.blogspot.com/
http://pks-karangdowo.blogspot.com/2009/03/pks-dan-golkar-partai-kader-yang-solid.html
true
1719424820964841868
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy